Pendidikan Pemberdayaan

Posted on February 8, 2009. Filed under: BUKU GERAKAN PEREMPUAN |

OLEH
Information and Consultations Women’s Centers

download klik disini

ABSTRAKSI
Pemberdayaan pedagogis (pendidikan) memberikan anak-anak perempuan suatu kesadaran terhadap potensi dan kemungkinan untuk mewujudkan bakat mereka. Secara bersamaan, pemberdayaan pedagogis juga merubah anak-anak laki-laki, sikap dan nilai mereka, serta membuat mereka lebih bertanggungjawab secara sosial. Akhirnya pedagogis pemberdayaan akan mempersiapkan baik anak laki-laki maupun perempuan untuk mengambil peranan yang saling mendukung, keaktifan sosial yang setara dan membangung demokrasi dengan berdasarkan model hubungan kemitraan.
Panduan pelatihan pendidikan pemberdayaan didasarkan pada etika dan filosofi anti-kekerasan. Menggunakan metode pendekatan partisipatoris dalam pelatihan, serta belajar dari pengalaman. Teknik-teknik yang digunakan dalam pelatihan yaitu presentasi dan ice breaker (pencair suasana), curah pendapat, diskusi dalam kelompok kecil, diskusi dalam kelompok besar, menyelesaikan frase, kuisioner, studi kasus, mimpi terarah, kerja kreatif, debat, lingkaran permainan dan relaksasi kunjungan pendidikan.
Pendidikan Pemberdayaan adalah merupakan pendekatan pengajaran dasar dari Proyek Pendidikan Pemberdayaan internasional. Proyek ini memiliki sejarahnya sendiri. Sejarah tersebut termasuk lokakarya-lokakarya pelatihan Kepemimpinan Perempuan yang diadakan oleh Women’s Center dan NIS-US Women’s Consortium sejak tahun 1995. Terdapat pula kelas-kelas yang diadakan di berbagai sekolah dan universitas di Kyiv, Symferopol dan Uzhorod yang tercakup dalam proyek percobaan (pilot project) yang dibiayai oleh Global Women’s Fund. Dan akhirnya, pada tahun 1999, Proyek Pendidikan Pemberdayaan diajukan oleh Information and Consultation Women’s Center (Kyiv) dan didukung oleh Open Society Institute Women’s Network dan International Renaissance Foundation. Berkat dukungan tersebut kini kelas-kelas Pendidikan Pemberdayaan diadakan tidak hanya di Ukraina namun juga di Albania, Georgia. Kyrgyzstan, Lithuania, Tajikistan dan Uzbekistan.
Merupakan Manual TOT Empowering Education yang diselenggarakan oleh Yayasan Tifa dan Open Society Institute di Hotel Mirah, Bogor, pada tanggal 18-25 Agustus 2002.

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: