Landreform di Desa

Posted on February 8, 2009. Filed under: BUKU PERGERAKAN |

Penulis: Irwan Nirwana, Boy Frido, Noer Fauzi, Dony Hendro

Download dibawah sini:

Pengantar Penerbit (PDF; 16kb)

Kata Pengantar – Mansour Fakih (PDF; 40kb)

Pendahuluan (PDF; 20kb)

BAB 1 – Niat Landreform (PDF; 76kb)

BAB 2 – Dasar Hukum (PDF; 56kb)

BAB 3 – Pelaksanaan Landreform Desa (PDF; 124kb)

BAB 4 – Mengatur Landreform dengan Peraturan Desa (PDF; 76kb)

BAB 5 – Penutup (PDF; 20kb)

Lampiran UUPA (PDF; 236kb)

Perjuangan Landreform hendaknya tidak berhenti sampai menjadi agenda negara saja, namun juga bagaimana kita mengupayakannya agar dilaksanakan secara nyata demi terwujudnya keadilan agraria, sehingga tidak menjadi pembaruan tipu-tipu demi menguntungkan kelompok yang menari-nari di atas penderitaan petani miskin dan tanpa tanah.

Landreform adalah suatu perubahan tentang siapa yang berhak memiliki tanah dan siapa saja yang bisa memanfaatkannya, serta bagaimana membuat hak-hak tersebut terwujud. Dalam konteks otonomi desa, landreform dapat menjadi sarana untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa yang mayoritas hidup dari usaha bertani.

Buku ini adalah bagian dari seri Panduan Pengorganisasian dan Pendidikan Rakyat. Diterbitkan untuk memperkenalkan landreform dan kemudian memberikan semacam panduan bertindak bagi pembaca bagaimana mempraktekkannya di tingkat desa, dan menguatkannya dengan perangkat hukum yang berlaku. Walaupun dimaksudkan sebagai panduan, buku tidak menganggap pembaca buta terhadap persoalan landreform, namun diharapkan dapat memperkaya diskursus dan memberikan lentera bagi upaya penyelesaian masalah ketidakadilan agraria yang telah menyebabkan kemiskinan struktural di Indonesia ini.

Make a Comment

Leave a comment

One Response to “Landreform di Desa”

RSS Feed for ANARKO99 Comments RSS Feed

askum, cak q rofik nak um warga alghozali, q ucapkan matur suwun sanget atas tulisan2 yg da di blog pean ni sgt membantu q tuk menambah wawasan2 yg cerdas n trs lanjutkan cak karya2nya,hehehe


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...